Selasa, 04 Desember 2007

Rambut

Rambut adalah mahkota terindah terutama bagi wanita. Tidak ada seorang wanitapun yang ingin rambutnya rusak, beruban dan botak. Tak heran kalo bisnis salon menjadi ladang bisnis yg menggiurkan. Hampir tiap hari ada-ada saja kaum wanita yg ke salaon. Entah untuk cuci blow, potong rambut, creambath, meni - pedi, semir, make up dll. Tak hanya itu, sekarang kaum pria juga sering ditemui disalon selain utk potong rambut.

Rambut memiliki peran yg sangat penting. Begitu pentingnya rambut bagi keseluruhan penambilan, tak heran jika saat Bad hair day sangat membuat mood jadi berubah. Jadi gak PD gitulah. Apalagi jika nampak uban menyembul disela-sela rambut. Duhhh... jadi membuat sedikit kalang kabut. Merasa tambah tua. Jadi disemirlah sang rambut supaya uban gak kelihatan.

Jika dulunya uban dijadikan alasan untuk menyemir rambut, sekarang tidak berubanpun rambut disemir, mulai dari yg coklat tua hingga warna - warni. Tidak hanya wanita yang menyemir rambut, kaum priapun juga ada yg menyemir rambutnya dng warna trendi.

Dengan banyaknya perlakuan2 terhadap rambut baik menyemir, memakai hairspray, kair dryer, gel dll, rambut bisa rapuh dan berakhir dengan rontok bahkan bisa botak. Supaya tidak rontok perlu kita perlakukan rambut dengan baik. Selain perlakuan dan zat2 kimia, hal2 penyebab kerontokan adalah:
  1. USIA. Makin tua makin tipis rambut seseorang seiring dengan kondisi tubuh yg menurun. Saat usia diatas 50 tahun, folikel tidak lagi efektif sehingga pertumbuhan rambut melambat
  2. STRESS. Beban pikiran dan batin yang berat bisa membuat rambut rontok.
  3. PENYAKIT dan obat-obatan tertentu seperti lupus, autoimun, demam tinggi, trauma fisik, penyakit kulit, dan penyusutan berat badan secara drastis. Selain itu terapi seperti kemoterapi juga bisa menyebabkan kerontokan. Sedangkan konsumsi obat2an yg bisa menyebabkan kerontokan antara lain: obat2 untuk penyakit jantung, antidepresi, antihipertensi, obat penenang dan Vit A dosis tinggi.
  4. HORMONAL dan GENETIK seperti kehamilan maupun faktor keturunan.
  5. POLA MAKAN dan POLA HIDUP seperti diet yg tidak seimbang
  6. KESEHATAN RAMBUT dan KULIT KEPALA, seperti jamur, ketombe dan bakteri dapat merusak folikel rambut. Perawatan rambut yg tdk benarpun bisa memyebabkan kerontokan. Misalnya jarang keramas, shampoo yg tdk cocok dll. Rambut kotor dan berminyak maupun keramas tidak bersih dapat menymbat akar rambut dan menutupi jalan pertumbuhan rambut.
  7. BATANG RAMBUT RUSAK akibat upaya mendandani rambut seperti menggulung, menarik, mengucir, menyemir, memblow, mengeriting, dll
JENIS2 kebotakan:
  1. Alopecia totalis artinya botak di kepala saja tapi dibagian lainnya masih ada.
  2. Alopecia universalis artinya totally gak ada rambut disemua bagian tubuhnya
  3. Pitak, kalo yg ini kebotakan hanya terjadi dibagian tertentu di kepala
  4. Androgenik alopecia, berkaitan dengan hormon androgen dan terjadinya pada pria. Dimulai dari kerontokan di bagian dahi atas kemudian menjalar ke bagian lainnya. Akhirnya menyisakan bagian tipis di bagian kiri, kanan dan belakang kepala. Jenis ini bisa juga terjadi pada wanita namun tidak bisa membuat menjadi licin. Umumnya terjadi menjelang atau setelah menopause.
So, mari kita rawat rambut kita dengan cara yg benar misalnya dengan shampoo yg benar, mencuci rambut dengan baik dan benar serta rutin, memakai hair tonik maupun dengan pemijatan yg baik. Kalo terpaksa masih aja jalan lain yaitu transpalasi rambut ;-)

1 komentar:

fitri mengatakan...

Eh tau ga, Aku nyoba service perawatan rambut di Lutuye salon, namanya "Virgin Touch", hasilnya baguuuuuuus banget, katanya sekarang juga lagi ada promo special buat perawatan rambut itu.

rambut kita jadi kuat dan ga gampang rusak walaupun sering ganti-ganti warna, smoothing atau digi wave, walaupun setiap bulan kaya aku.